Kategori: Ekonomi

Pondok Tahfidz Berbasis Pemberdayaan

18 May 2022 - 13:28

Pondok Tahfidz Berbasis Pemberdayaan – Pondok Quran Tahfidz FORDAI adalah sebuah pesantren tahfidz yang dikelola oleh FORDAI dan merupakan salah satu lembaga yang berfokus di bidang dakwah.

FORDAI sendiri merupakan salah satu mitra LAZ Zakat Sukses yang tergabung dalam program “Lembaga Bantu Lembaga”. Pada program ini, mitra akan diberikan pelatihan berupa manajemen lembaga dan operasional kegiatan.
FORDAI memiliki tiga divisi, yaitu bidang dakwah yang berhubungan dengan kegiatan dakwah Islam, FORDAI poktan atau kelompok tani, serta pondok quran tahfidz.

Pada 05 maret 2022, tim LAZ Zakat Sukses kemarin berkesempatan berkunjung kesana untuk melihat langsung Pondok Quran FORDAI. Disana, Pondok Quran FORDAI tak hanya berfokus pada bidang dakwah namun juga mengelola berbagai jenis pemberdayaan yang saat ini masih berjalan. Jenis pemberdayaan yang kini dilakukan yaitu budidaya ikan lele sebanyak 4 kolam, ikan hias sebanyak 2 kolam, domba, ayam, dan berbagai jenis tanaman seperti kangkung, kacang panjang, terong ungu (sayur), singkong, sereh/sirih, pare, kenikir (lalapan), jahe, serta lengkuas.

Selain itu, mereka juga melakukan budidaya tanaman buah seperti jambu kristal, alpukat micky, pisang, timun suri, mangga, sawo, dan sebagian tanaman hias. Untuk masa panen, Ustad H. Farid Nu’man mengatakan untuk jenis sayuran rata-rata akan panen pada pekan 2-3, timun suri 6 pekan, dan untuk jenis buah biasanya variatif dan cukup lama untuk panen.

Untuk budidaya ikan, jenis ikan lele akan panen sekitar 3 bulan, dan jenis ikan hias dengan sistem budidaya, maupun pendederan akan netes sekitar 1 bulan. Sementara itu untuk domba biasanya akan beternak setidaknya paling lama 4 bulan, dan ayam selama 40 hingga 60 hari.

Dari hasil panen dan ternak baik itu tanaman, buah maupun hewan akan diprioritaskan untuk pemenuhan pangan santri/konsumsi & anggota Kelompok Tani (Poktan). Bila prioritas tersebut telah terpenuhi, maka sebagian akan dijual ke masyarakat sekitar untuk modal budidaya berikutnya pengembangan, serta hasil penjualan sebagian langsung dinikmati anggota sebagai untung dari pemasaran hasil tani dan ternak.

“Diversifikasi untuk tanaman insya Allah kedepan akan jual benih dan dan pohon siap tanam dalam pollybag (sayuran, buah & tanamahan hias), ikan Insya Allah panen berikutnya akan dikemas lele siap goreng yang telah dibumbui dan siap untuk dihidang. Juga untuk budidaya magot untuk pakan alternatif,” ujar Ustad H. Farid Nu’man, Pembina Pondok Quran FORDAI.

Pondok Quran FORDAI yang memiliki luas lahan 1.800 meter persegi, saat ini sedang dalam tahap progres pembebasan lahan/wakaf disamping lahan existing memiliki luas 780 meter persegi dan bernilai 1 Miliar. Sebagai informasi, saat ini santri yang dikelola sebanyak 10 santri perempuan yang setara SMA sederajat yang sedang menunaikan hafalannya.

“Mohon doanya agar semua kebaikan program Pondok Quran FORDAI dapat berjalan dengan baik dan lancar, salam sehat juga untuk sahabat zakat dan donatur Zakat Sukses semoga selalu dipermudah dalam segala aktifitas dan urusannya,” tutupnya.

Bagikan Artikel
Donasi Sekarang