Bangun Ruang Sekolah untuk Siswa SMA di Depok

Bangun Ruang Sekolah untuk Siswa SMA di Depok

2 Donatur

Terkumpul

Rp120.009  dari Rp6.136.000.000

Sisa Hari

23

Bagikan Campaign

Deskripsi Campaign


Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2021 sebanyak 4.185.760 anak usia 16-18 tahun di Indonesia tidak bersekolah. 

Disamping itu, masih banyak siswa SMP yang tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga SMA karena tidak mampu membayar biaya pendidikan. 



Di Kota Depok, 15.453 anak usia 16-18 tahun tidak bersekolah di tahun 2021. Belum meratanya sarana pendidikan di Kota Depok menyebabkan banyak anak-anak yang terpaksa putus sekolah.

Saat ini, jumlah SMP Negeri di Depok ada 27, sedangkan jumlah SMA Negeri hanya ada 16, dan SMK Negeri hanya 4. Ketimpangan ini tentu membuat resiko angka putus sekolah semakin tinggi. 

Hal tersebut mendorong Zakat Sukses untuk mendukung program SMA Terbuka Cinangka sejak tahun 2008 agar dapat membantu menurunkan angka putus sekolah di Kota Depok. SMA Terbuka Cinangka sendiri telah meluluskan lebih dari 1000 siswa hingga hari ini. 

Dengan adanya SMA Terbuka diharapkan tidak ada alasan lagi bagi siswa yang kurang mampu untuk tidak bersekolah. Karena SMA Terbuka tidak membebankan biaya sama sekali kepada siswanya, selain itu jam belajar di SMA Terbuka lebih fleksibel sehingga siswa yang sudah bekerja bisa tetap mengikuti pembelajaran. 



Tujuan Pembangunan SMA Terbuka TKB LAZ Zakat Sukses

SMA Terbuka dibangun dengan tujuan agar bisa menjadi alternatif pendidikan bagi anak-anak yang nyaris putus sekolah yang kurang mampu, yatim maupun dhuafa, harus bekerja karena menjadi tulang punggung keluarga, maupun anak-anak yang memiliki kegiatan lain seperti mondok dan menghafal Al-Qur'an sehingga tetap bisa bersekolah. 

Melihat tingginya kebutuhan pendidikan SMA gratis yang terjangkau untuk masyarakat dhuafa di Kota Depok, pada tahun 2018 Zakat Sukses membuka cabang SMA Terbuka baru di Kecamatan Sukmajaya yang menginduk langsung ke SMA Negeri 5 Depok. 

Namun dari sejak berdirinya SMA Terbuka di Kecamatan Sukmajaya hingga saat ini para siswa masih belum memiliki ruang kelas seperti sekolah pada umumnya. Saat ini para siswa masih belajar menumpang di sebuah gedung TK.



Setiap tahunnya penerimaan siswa SMA Terbuka di Sukmajaya dibatasi karena tidak cukupnya ruang belajar untuk menampung banyak siswa.

Alhamdulillah, di awal tahun 2020 LAZ Zakat Sukses membeli lahan kosong tepat di belakang kantor LAZ Zakat sukses dengan tujuan akan di bangun ruang belajar siswa dan aula serbaguna untuk masyarakat sekitar.

Seberapa Penting Gedung Baru untuk Anak-Anak?

Gedung baru sangat penting untuk anak-anak SMA Terbuka, seperti sebuah rumah untuk tempat berlindung. Begitupun dengan gedung sekolah bagi anak-anak, dengan adanya gedung baru, siswa bisa belajar dengan normal selayaknya sekolah pada umumnya, memiliki ruang kelas yang nyaman dan tidak berdesak-desakan, ada kantin untuk mereka beristirahat, lapangan dan laboratorium komputer agar siswa bisa lebih produktif dan mengembangkan kemampuan IT seperti belajar pemrograman, desain, editing foto dan video yang berguna untuk masuk ke dunia kerja. 

Melalui program ini, kita bisa menolong anak-anak yang nyaris putus sekolah dan mengubah hidup anak-anak. Anak-anak yang awalnya tidak memiliki cita-cita ataupun mimpi dewasa akan menjadi apa, karena adanya arahan, pembekalan dan kemampuan yang diajarkan bisa menjadi motivasi dan ilmu yang pada akhirnya bisa merubah nasib hidup anak-anak. Karena nasib itu tidak akan berubah jika tidak ada ikhtiar dari diri sendiri. 

Melalui program Bangun Tanah Wakaf Sekolah, kami optimis akan mendukung dan menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua khususnya anak-anak yatim dan dhuafa di Kota Depok mendukung target SDG's Nomor 4.



Harapan kami melalui program ini, siswa SMA Terbuka memiliki ruang kelas yang lebih baik dan siap menampung lebih banyak siswa dengan bertambahnya siswa di SMA Terbuka TKB Zakat Sukses pada tahun ajaran baru mendatang.

Mari salurkan wakaf Anda untuk pembangunan sekolah dengan cara:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Masukan data diri dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran ke no. rekening yang tertera.

Rasulullah SAW bersabda, “Ketika anak Adam mati, terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang senantiasa mendoakannya.” (HR Muslim).

Sedekahkan harta Anda sekarang untuk investasi abadi di akhirat.

Informasi Lembaga

Zakat Sukses

Lembaga Terverifikasi